Sabtu, 16 September 2017

Cara Memilih Inai Tangan Pengantin yang Aman dan Berkualitas

Cara Memilih Inai Tangan Pengantin - Inai tangan pengantin atau lebih dikenal dengan henna pengantin menjadi salah satu bagian yang tidak terpisahkan lagi dengan kebiasaan sebelum menikah. Kebudayaan menggunakan inai ini sebenarnya bukan berasal dari Indonesia melainkan di adaptasi dari budaya Timur Tengah. Mengenakan inai atau henna pada tangan pengantin memang bukan suatu hal yang wajib ketika akan menikah, tapi sekarang ini sedang menjadi tren di kalangan wanita Indonesia. Untuk mengaplikasikan henna pada tangan dan kaki pengantin memang dibutuhkan keahlian khusus agar hasilnya bagus dan maksimal. Namun, dalam pembahasan kali ini tidak akan membahas bagaimana cara melukis inai pengantin, melainkan bagaimana cara memilih henna yang aman dan berkualitas.

cara membuat henna agar tahan lama,cara membuat henna sendiri,henna warna warni,jual henna tangan,cara memakai henna rambut,cara membuat henna cone sendiri,henna pengantin,
baca juga : Cara Menghias Kuku dengan Henna
Untuk memilih henna atau inai tangan pengantin yang berkualitas harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Utamakan yang bubuk
Dalam memilih inai atau henna sebaiknya pilih henna bubuk dibandingkan dengan henna yang cair. Pemilihan henna bubuk ini lebih aman dibandingkan dengan henna yang cair karena henna bubuk mempunyai kemungkinan yang kecil tercampur dengan bahan kimia yang berbahaya dan bisa merusak kulit. Apalagi henna yang berbentuk oil atau minyak, karena henna ini lebih rentan dicampur dengan bahan kimia terutama pewarna rambut.

2. Lihatlah kandungannya
Tips memilih inai tangan pengantin yang kedua yaitu dengan melihat kandungannya. Lihatlah komposisi henna pada kemasannya, perhatikan dan bacalah komposisinya secara cermat. Cermati apakah henna yang Anda beli mengandung bahan kimia berbahaya atau tidak. Contoh zat kimia berbahaya yang biasanya dicampur pada henna yaitu phenylendiamine. Jika terdapat kandungan ini, sebaiknya jangan pilih henna ini.

3. Perhatikan warna dari inai yang dipilih
Hal yang harus diperhatikan dalam memilih henna yang selanjutnya yaitu memperhatikan warna dari henna atau inai. Pilih warna henna yang maroon kecokelatan karena warna ini adalah warna asli dari henna. Jika ada warna lainnya, jangan Anda pilih karena bisa dipastikan di dalamnya terdapat bahan kimia yang berbahaya untuk kulit.

4. Perhatikan lama waktu pengeringan
Memilih inai tangan pengantin memang harus selektif, salah satu caranya yaitu dengan memperhatikan lama waktu henna mengering. Henna yang aman akan mengering dalam waktu 6 sampai dengan 8 jam, jika ada henna yang mengering hanya dalam hitungan menit saja maka bisa dipastikan jika henna tersebut mengandung bahan kimia.

5. Lakukan tes pada kulit
Cara aman untuk memilih henna yang terakhir yaitu dengan cara melakukan tes pada kulit. Terkadang ada kulit yang tidak cocok dengan henna tertentu, untuk menghindari terjadinya alergi, sebaiknya tes atau lakukan uji coba terlebih dahulu pada kulit tubuh.

Cara mengukir henna pengantin memang tidak dalam pembahasan kali ini, tapi pengetahuan mengenai bagaimana memilih inai yang aman dan berkualitas untuk tangan ini wajib diketahui. Pemilihan inai yang tepat untuk kulit ini memang wajib dilakukan karena salah memilih inai bisa sangat membahayakan untuk kesehatan kulit. Apalagi memilih inai tangan pengantin tentu saja harus diperhatikan keamanannya. Tangan yang alergi dengan inai membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memulihkannya kembali.
Cara Memilih Inai Tangan Pengantin yang Aman dan Berkualitas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sista Rosdyah