Minggu, 28 Februari 2016

Cara Merias Pengantin Jawa Berjilbab Yang Mudah Diikuti

Merias Pengantin Jawa Berjilbab - Pada umumnya riasan pengantin khas Jawa tidak memakai jilbab. Namun apabila Anda adalah seorang Muslim dan ingin tetap mengenakan jilbab sekaligus menerapkan riasan Jawa pada saat pernikahan, hal itu bisa Anda lakukan. Dengan melakukan hal ini Anda bisa tetap mempertahankan jilbab yang merupakan kewajiban Muslimah tanpa perlu meninggalkan riasan tradisional khas Jawa yang masih digemari oleh banyak orang. Sekali mendayung dua tiga pulau dapat terlampaui. Hal ini menjadikan Anda turut berperan aktif dalam melestarikan tradisi masyarakat Jawa yang sangat khas dan unik dalam cara merias pengantin Jawa berjilbab ini.

cara merias pengantin jawa paes ageng,wajah pengantin jawa,cara make up pengantin berjilbab,cara rias pengantin berjilbab,rias pengantin berhijab modern,adat jawa,up pengantin minimalis,
baca juga : Panduan Cara Merias Wajah Pengantin Jawa
Di dalam artikel ini Anda akan menemukan informasi dan pengetahuan yang penting seputar cara merias pengantin Jawa paes ageng. Yang dimaksud dengan paes jilbab adalah riasan yang tradisional serta merupakan salah satu adat Jawa dalam proses pernikahan. Paes sendiri memiliki beberapa macam. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai paes ageng yang berasal dari Yogyakarta. Awalnya, riasan paes ageng hanya diperuntukkan untuk keluarga kerajaan. Namun saat ini riasan tersebut juga diperbolehkan untuk dipakai oleh masyarakat umum. Karena itulah cara merias pengantin Jawa berjilbab digemari oleh banyak orang.

Cara merias pengantin Jawa berjilbab sebenarnya tidaklah terlalu rumit. Meski begitu ada sejumlah tahapan yang harus dilakukan. Diantaranya adalah halup-halupan atau pengerikan rambut. Rambut halus di sekitar wajah dikerik agar menimbulkan kesan wajah yang bersih. Selain itu ada pula pembuatan pola paes yang disebut juga congkrongan. Pola dibuat di daerah sekitar dahi dan pinggiran rambut. Setelah pola tersebut terbentuk dengan benar dan rapi, maka dilanjutkan dengan melakukan penebalan pada pola yang telah dibuat. Supaya terlihat lebih natural, biasanya juga dipakai stocking berwarna hitam untuk menyamarkan sambungan pada riasan paes.

Selain dari hal yang sudah tersebut di atas, ada beberapa aksesoris atau ornament yang juga ditambahkan sesuai dengan cara merias pengantin Jawa berjilbab. Pada bagian tengah kepala mempelai dipasang bando melati. Tidak hanya itu, ada pula aksesoris lain yakni sisir pethat yang bentuknya menyerupai gunung. Sedangkan di bagian sanggul ditancapkan pula cunduk menthol yang merupakan bunga permata batang dengan jumlah sebanyak 5 buah. Serta tidak ketinggalan centhung atau sisir bertahtakan berlian yang dipasang di atas dahi.

Rias pengantin berjilbab adat Jawa merupakan sebuah pilihan menarik bagi Anda yang ingin tampil menawan dengan riasan yang khas dan sangat kental dengan nuansa tradisional. Dengan demikian berakhir sudah artikel tentang cara merias pengantin Jawa berjilbab yang dapat menjadi tambahan informasi bagi Anda yang akan atau ingin melangsungkan pernikahan dengan konsep tradisional khas Jawa. Semoga apa yang kami berikan kepada Ada melalui artikel ini dapat memberikan manfaat.
Cara Merias Pengantin Jawa Berjilbab Yang Mudah Diikuti Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sista Rosdyah