Selasa, 19 September 2017

Panduan Cara Merias Wajah Pengantin Jawa

Merias Wajah Pengantin Jawa - Momen yang sangat penting dalam kehidupan manusia salah satunya adalah saat melangsungkan pernikahan dengan orang yang kita cintai. Pernikahan adalah sebuah prosesi yang sangat ditunggu tunggu oleh banyak orang. Karena pada momen seperti inilah pintu menuju bahtera rumah tangga akan terbuka. Maka tak heran apabila banyak orang yang ingin tampil menawan saat pernikahan berlangsung. Salah satu poin penting yang layak dilakukan untuk mendapatkan hal tersebut adalah merias wajah sang pengantin. Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang cara merias wajah pengantin Jawa.

make up pengantin jawa modern,rias pengantin jawa paes ageng,cara merias pengantin jawa berjilbab,tutorial rias,pengantin jawa tengah,tutorial make up,rias pengantin adat,
baca juga : Tips Cara Rias Pengantin Baru
Cara merias pengantin Jawa biasa juga dikenal dengan sebutan paes ageng. Sangat menarik mengingat riasan khas Jawa ini mengandung makna filosofis tersendiri dan merupakan suatu tradisi yang semestinya kita lestarikan keberadaannya. Sebelum merias pengantin, sang pengantin maupun orang yang merias, berdasarkan tradisi, harus melakukan puasa sebelumnya. Hal ini dimaksudkan untuk menguatkan batin dan membersihkan jiwa supaya nantinya dapat terhindar dari petaka. Berdasarkan kepercayaan masyarakat Jawa, kebersihan jiwa sang perias dapat membuat hasil riasan menjadi lebih menarik sehingga sang pengantin akan tampak cantik.

Secara umum ada 3 tahapan yang harus dilakukan dalam cara merias wajah pengantin Jawa. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Ratusan
Cara merias wajah pengantin Jawa yang pertama adalah ratusan. Yang dimaksud dengan ratusan adalah memberikan pengasapan pada bagian rambut pengantin. Pengasapan yang dilakukan ini menggunakan bahan ratus yang merupakan bahan wewangian yang dapat mengharumkan rambut sang mempelai wanita. Sehingga pada saat pelaminan akan membuat rambutnya wangi atau harum. Gunakanlah bahan yang berkualitas agar dapat mendapatkan hasil yang optimal.

2. Halup-Halupan
Selain dari ratusan ada juga proses cara merias wajah pengantin Jawa berikutnya yaitu halup-halupan. Maksudnya adalah sebuah tahapan untuk mencukur rambut pada sang pengantin. Rambut yang dicukur adalah rambut halus yang terdapat di sekitar wajah pengantin. Seperti rambut yang terdapat di sekitar dahi dan bagian wajah lainnya. Tahapan ini ditujukan agar membuat wajah lebih bersih sehingga akan membantu dalam proses merias selanjutnya. 

3. Cengkorongan
Langkah terakhir dari cara merias pengantin Jawa paes ageng yang merupakan khas dari riasan Jawa adalah pembuatan pola wajah. Pola wajah yang dibuat adalah pola paes ageng atau disebut juga dengan cengkorong. Pembuatan pola tersebut memakai pensil khusus untuk riasan, dibuat pola secara perlahan sampai menghasilkan pola yang dinginkan. Hasilnya adalah sebuah pola yang tipis atau samar. 

Demikianlah ulasan yang dapat kami sampaikan kepada para pembaca sekalian seputar cara merias wajah pengantin Jawa. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan sedikit gambaran kepada para pembaca supaya lebih dapat memahami bagaimana teknik merias pengantin Jawa. Sehingga dapat menjadi referensi yang nantinya dapat digunakan.
Panduan Cara Merias Wajah Pengantin Jawa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sista Rosdyah