Senin, 10 Desember 2018

Cara Agar Jaringan Stabil Pada Smartphone

Sekarang, hampir semua orang tidak bisa dipisahkan dengan gadget. Salah satu gadget yang paling populer adalah smartphone. Semakin berkembangnya teknologi, jaringan pada smartphone pun juga semakin canggih. Kecepatan koneksi internet sangat bergantung pada koneksi jaringannya seperti Edge, 3G, HSDPA, dan 4G LTE. Akan tetapi, permasalahan jaringan sering terjadi. Salah satunya adalah ketidak stabilan jaringan sehingga kecepatan sering berubah-rubah bahkan kadang konektifitas terputus. Tentu saja, hal ini sangat mengganggu aktifitas dalam menggunakan smartphone. Itulah kenapa sangat penting untuk mengetahui cara agar jaringan stabil.
 hampir semua orang tidak bisa dipisahkan dengan gadget Cara Agar Jaringan Stabil Pada Smartphone

Langkah-langkah Menstabilkan Jaringan Smartphone

Cara agar jaringan internet stabil bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah. Namun perlu diingat, cara ini bukanlah untuk menguatkan jaringan. Jadi, pastikan smartphone kalian mendapatkan jaringan yang cukup kuat. Di sini, kita hanya fokus untuk menstabilkannya. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu kalian ikuti:

1. Pertama, pastikan smartphone anda dalam keadaan hidup atau menyala. Setelah itu, bukalah aplikasi telepon dan jalankan menu call atau dialer. Kemudian, tekan kode di bawah ini:

*#*#4636#*#*

2. Setelah menekan kode di atas, kalian tak perlu menekan tombol call atau telepon. Secara otomatis, akan ada tampilan informasi pada layar HP anda yaitu:

Phone Information

1. Phone Information

2. Battery Information, Usage Statistic & Wi-Fi Information

Di sini, kalian harus memilih pilihan pertama yaitu Phone Information dengan menyesuaikan kartu SIM yang kalian gunakan.

3. Pada menu Informasi Telepon atau Phone Information, anda akan melihat semua informasi tentang IMEI, koneksi sinyal, layanan suara, layanan data, nomor telepon, dan lain sebagainya pada smartphone kalian.

Di sini, kalian juga bisa melihat kekuatan jaringan atau sinyal, informasi tentang koneksi data internet serta informasi lainnya. Inilah langkah ketiga cara agar jaringan stabil.

4. Langkah selanjutnya pada cara agar jaringan sinyal internet stabil adalah dengan koneksinya. Yang perlu dilakukan adalah lakukan “run” pada smartphone anda. Bisa juga dengan menjalankan atau menguji “ping”.

Kalian juga bisa mengganti koneksi sinyal dari “preferred” menuju “only” dengan memilih menu “jaringan tipe preferred”. Anda akan melihat beberapa pilihan yang disediakan, antara lain WCDMA preferred, GSM Only, WCDMA Only, Global, LTE Only, ataupun pilihan lainnya. Silahkan pilih sesuai dengan jaringan yang kalian inginkan. Namun, pemilihan jaringan juga harus disesuaikan dengan lokasi karena berbeda lokasi bisa saja memiliki jaringan terkuat yang berbeda pula.

5. Apabila anda ingin koneksi jaringan smartohone ada HSDPA - 3G, maka sebaiknya pilih pengaturan pada WCDMA Only. Pun begitu sebaliknya.

Contoh lain, smartphone kalian sudah support 4G LTE dan ingin memperoleh sinyal 4G LTE yang stabil, maka pilihlah LTE Only. Yang perlu diingat, memilih LTE Only kadang membuat smartphone tidak dapat menerima panggilan telepon ataupun pesan SMS. Untuk itu, refresh lalu tunggu beberapa saat dan jaringan akan diatur ulang.

Itulah panduan lengkap cara agar jaringan stabil. Dengan langkah-langkah di atas, maka smartphone anda tidak akan terkendala oleh sinyal jaringan yang putus-putus lagi. Jadi, smartphone kalian akan lebih nyaman digunakan untuk internetan, chatting, streaming, dll. Selain membuat jaringan stabil dan internetan lebih cepat, hal ini juga membuat baterai menjadi lebih awet. Dengan mempertimbangkan banyak manfaat di atas, kini kalian bisa mempraktekkannya pada smartphone kalian masing-masing.